FESTIVAL KAMPOENG PINGGIR KALI


FESTIVAL KAMPOENG PINGGIR KALI
untuk kehidupan yang lebih baik
18-25 Oktober 2009

Festival Kampung merupakan rangkaian akhir dari sebuah perjalanan kegiatan kemasyarakatan dalam mengantisipasi bencana, terutama banjir, di perkotaan Jakarta. Titik tolak dalam kegiatan ini adalah peran anak. Anak adalah bagian tak terpisahkan dari masyarakat dan lingkungannya, memiliki peran tersendiri dalam menyikapi permasalahan kehidupan di sekitarnya, berdasarkan karakteristik kapasitas pribadi yang dimilikinya. Sebagai sebuah kegiatan, Festival Kampung merupakan bentuk kerja sama Perkumpulan Sahabat Akar dengan Save The Children, yang di dalam pelaksanaannya dilakukan oleh Sanggar Anak Akar. Festival Kampung ini sendiri kemudian mengembangkan bentuk kerja sama dengan pelbagai lembaga yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, lingkungan hidup, pengorganisasian kegiatan, dan sebagainya. Taman Baca/Kom. Sanggar daun salah satunya. 

Sebagai sebuah kegiatan, Festival Kampung memiliki dua kontekstualisasi, yaitu pengelolaan-penataan lingkungan hidup dan pengorganisasian-pemberdayaan masyarakat. Permasalahan bencana banjir di perkotaan seperti Jakarta telah menjadi permasalahan pengelolaan dan penataan lingkungan hidup. Pelbagai pihak penghuni kota Jakarta hendaknya menaruh keprihatinan terhadap hal ini. Dan, permasalahan pengelolaan dan penataan lingkungan hidup ini menjadi tanggung jawab bersama, atau telah menjadi permasalahan kemasyaratan. Dengan kata lain, permasalahan bencana banjir dengan segala kritisisasi terhadap konteks lingkungan hidup yang ada di kota Jakarta tidak lagi dapat dipandang sebagai fenomena alam, melainkan fenomena sosial.

Festival Kampung mengarah pada dua wilayah, yaitu Kampung Melayu Kecil dan Cipinang Besar Selatan. Di satu sisi, kedua wilayah ini merupakan daerah dampingan Sanggar Anak Akar. Namun, di sisi lain, kedua wilayah ini merupakan daerah ‘langganan’ bencana banjir. Memang, masih banyak wilayah lain di kota Jakarta yang tak luput dari bencana banjir. Namun, sebagai sebuah konsentrasi kegiatan, kedua wilayah di atas akhirnya menjadi pilihan.

Festival Kampung ingin menempatkan partisipasi anak-remaja dan masyarakat sebagai sentral pelaku perencanaan kegiatan di daerah mereka masing-masing. Sanggar Anak Akar memfasilitasi kondisi tersebut, termasuk mempertemukan dan memfasilitasi komunikasi-koordinasi wilayah dengan para lembaga yang mendukung kegiatan ini dalam rangka memberi warna kreatifitas bentuk-bentuk teknisnya.

Kegiatan diselenggarakan selama 1 pekan, sejak tanggal 18 sampai 25 Oktober 2009. MDGs, Walhi, Palyja, ICW, PSI, Ciliwung Merdeka, Gropesh, Sanggar Daun, Ruang Rupa, dan Santa Ursula, merupakan sederet lembaga/komunitas yang ikut serta mendorong dan berpartisipasi aktif dalam hajatan yang diharapkan terserap kepada masyarakat, dan bukan demi kegiatan yang direncanakan tersebut.


Sanggar Daun, yang kebetulan barengan dengan temen2 Grombolan Peduli Sampah (Gropesh Jakarta) Terlibat secara langsung sebagai pendamping di kedua wilayah dengan memfokuskan pada bidang kretifitas anak dan pemberdayaan lingkungan. Pendampingan yg telah dilaksanakan seminggu sebelum acara Festival kampung dibuka, menitik beratkan pada kegiatan pengelolaan sampah, yakni, proses pembuatan pupuk kompos dan biopori, serta kerajinan tangan pemanfaatan barang bekas. Selain tentunya membantu teman2 lainnya dibidang pendapingannya masing2.

Akhirnya Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk bisa terlibat secara langsung dan penuh pada acara besar ini, banyak pembelajaran yang kami dapatkan selain memperpanjang deretan daftar teman.










Advertisements

About sanggardaun

komunitas yang concern pada pendidikan, seni dan lingkungan View all posts by sanggardaun

One response to “FESTIVAL KAMPOENG PINGGIR KALI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: