Ulang Tahun Sanggar Daun


Salam Sejahtera untuk kita semua

Sejatinya orang yang baik adalah orang yang berani mengatakan kejujuran, seberat dan sepait apapun itu. Rasanya amat berat juga memendam apa yang seharusnya saya ungkapkan di sini, lama saya memendam semuanya tapi pada akhirnya memang kejujuran yang juara.

Sejujurnya banyak hal yang belum saya tulis dalam blog ini, di antaranya adalah tentang kegiatan kami dalam rangka memperingati hari jadi Sanggar Daun yang Pertama (tahun sebelumnya masih berbentuk rumah baca sederhana di teras depan rumah saya yang mungil).

NGARIUNG LESTARIKAN KAMPUNG menjadi tema kegiatan yang di lakukan selama kurang lebih 1 bulan penuh. terhitung dari tanggal 26 Februari 2010 sampai dengan tanggal 14 Mret 2010.

 

 

Kegiatan diawali dengan acara MURAL sebagai cara untuk mengkampanyekan isu lingkungan melalui media gambar. Kegiatan mural sendiri di laksanakan di sepanjang gang menuju Sanggar Daun. Selain dilaksanakan oleh Anak-anak Daun, kegiatan ini juga di bantu oleh temen temen dari komunitas Atap Alis, Ruang Rupa (RURU), dan beberapa simpatisan. satu hal bahwa sampai saat ini, gambar-gambar tersebut ga pernah bosan untuk terus mengajak kepasa siapa saja untuk cinta lingkungan.

 

 

 

Hari kedua kegiatan, yakni tanggal 28 Februari 2010, di laksanakan kegiatan GOTONG ROYONG AKBAR, di laksanakan sejak pagi hari, kegiatan ini melibatkan hampir seratus orang peserta yang terdiri dari berbagai kalangan masayarakat wilayah Sanggar Baun berada, mulai dari Bapak-bapak, Ibu,-ibu dan anak-anak, semua bahu membahu membersihkan lingkungan. Memanfatkan peralatan seadanya seluruh peserta terlihat antusias melaksanakan kegiatan ini, Seolah tak ingin ada area yang terlewat untuk di bersihkan. Setelah semua area di bersihkan, dilanjutkan dengan penempatan beberapa pohon dan pot, kegiatan diakhiri sekitar jam 12.00 WIB dan para pesertapun bubar setelah sebelumnya dilaksanakan pengundian bebarapa nomer doorprize yang sengaja di siapkan oleh penyelenggara. Oh ya ada satu yang ga boleh kelewat, acara pagi itu terlihat sempurna dengan suguhan singkong dan ubi rebus plus 2 buah ceret yang masing-masing barisi kopi dan teh manis… *yummii

 

Selang 1 minggu kegiatan selanjutnyapun dilaksanakan, kali ini melibatkan hampir seluruh anak-anak yang ada, mulai dari anak-anak Sanggar itu sendiri juga melibatkan anak-anak dari baberapa sekolah yang kami undang. Saya rasa sebagian dari pembaca tau, kegiatan apa yang saya maksud.. ehmm… kalau pembaca menbak kegiatan yg di maksud adalah LOMBA MENGGAMBAR, jawaban anda tepat. Tapi ga cuma Lomba Gambar loh, pagi itu peserta gambar juga di hibur dengan dongeng yang di bawakan oleh kak Awam dari Kampung Dongeng. seru deh pokonya. Kegiatan ini juga di bantu sama kakak-kakak dari kampus LSPR Jakarta. Setelah lomba selesai bukan berarti kegiatan berakhir, selanjutnya di laksanakan kegiatan Menanam Bareng. Sebanyak 100 bibit pohon yang di tanam di sepanjang bantaran sungai ciliwung.

 

Minggu berikutnya kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan PENGOBATAN GRATIS yang di tujukan untuk seluruh masyarakat sekitar sanggar, 7 Maret 2010 bertepatan dengan hari minggu, kegiatan ini dimulai sejak pagi hari. 07.00 WIB masyarakat sudah mulai berdatangan untuk memanfaatkan kegiatan ini. mulai dari periksa kandungan, kesehatan anak, hinga para manula secara berkala memenuhi lapangan yang sejak sehari sebelumnya telah disiapkan untuk kegiatan tersebut. memang kegiatan ini tidak di laksanakan di Sanggar, tapi di lapangan ditengah kampung, dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan datang ke kegiatan tersebur. Selain periksa masyarakat juga mendapatkan Obat yg diutuhkan secara cuma-cuma.

 

Kegiatan Selanjutnya lebih mengasikan lagi, Kegiatan di hari keempat ini memang lebih lama dari kegiatan-kegiatan sebelumnya, tapi teteap mengedepankan kegembiraan. Kagiatan ini anggaplah workshop atau pelatihan, dimulai dari tanggal tanggal 28 Februari 2010 hingga 7 Maret 2010 dan melibatkan beberapa teman komunitas diantaranya, Sanggar Anak Akar, Jakarta Green Monster (JGM) dan Atap Alis, ternyata mampu memberikan warna tersendiri bagi Sanggar Daun. Musik tetrikal, Djembe Perkusi, Pelatihan Daur ulang, Merakit mainan dari barang bekas merupakan beberapa kegiatan, sebelum akhirnya di lanjutkan dengan acara puncak dilaksanakan.

Manginjak ke acara selanjutnya, barangkali ini acara yang paling dinanti oleh anak-anak, Acara puncak peringatan 1 tahun sanggar daun. di laksanakan pada hari Minggu, tanggal 14 Maret 2010. Dibuka dengan penampilan Solo Djembe oleh Kak Pian, di lanjutkan dengan beberapa aksi panggung, mulai dari puisi, akustik, teatrikal dan di akhiri dengan penampilan apik anak-anak daun dengan perkusinya. Selain itu juga di laksanakanpenyerahan hadiah lomba menggabar. Akhirnya rangkaian kegiatan memperingati ultah sanggar daun yang pertama pun selesai dengan perasaan gembira dan berharap kedepannya kegiatan-kegiatan di sanggar makin memberikan warna dan akan menciptakan anak-anak yang cerdas, kreatif dan cinta akan buku dan lingkungan.

Akhirnya kami, pengurus Sanggar Daun mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan ini.

• Pengurus Sanggar Daun

• Relawan Sanggar Daun

• Warga Sekitar

• Kak Pian dan Kak Chiko

• Kak Dewo (sanggar Akar)

• Rangga dan teman-teman Atap Alis

• Putri dan teman-teman JGM

• Para Sponsor dan donatur yang tidak bisa kami sebutkan namanya satu persatu

Terima kasih untuk semua, semoga kebaikan kalian terbalaskan. amin…..

Advertisements

About sanggardaun

komunitas yang concern pada pendidikan, seni dan lingkungan View all posts by sanggardaun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: